Microsoft Luncurkan Surface Laptop, Saingan MacBook Yang Hot! – Merdeka.com

Merdeka.com – Microsoft baru saja meluncurkan produk laptop terbaru yang digadang-gadang sebagai “MacBook killer,” Surface Laptop.

Surface Laptop adalah laptop Microsoft pertama yang berjalan di atas Windows 10, yang dilansir dari Mashable, didesain untuk pelajar ataupun mahasiswa. Meski demikian, tak menutup kemungkinan laptop ini mumpuni dipakai siapa saja.

Desain

Dari segi desain, Surface Laptop terlihat cantik dengan detil yang luar biasa. Bagaimana tidak, tak ada mur baut yang terlihat di laptop ini, bahkan di bagian bawah sekalipun. Bodi aluminumnya terlihat kokoh, meski mengusung desain yang tipis. Memang bukan yang paling tipis, namun sangat ringan untuk tidak menambah beban tas Anda jika membawa laptop ini kemana-mana.

Layarnya punya bentang sebesar 13.5 inci dengan resolusi 2.256 x 1.504 dengan teknologi PixelSense touchscreen dengan aspek rasio 3:2. Layar ini diklaim lebih tajam, lebih cerah dan lebih ‘vivid’ dari Surface Pro 4. Mashable menganalogikan layar ini seperti “melihat melalui jendela.”

Respons dari touchscreen ini pun sangat baik, di mana tak ada lag yang terjadi. Touchscreen ini didesain cocok dengan Surface Pen Stylus.

Apple sendiri tidak mengaplikasikan teknologi touchscreen di layar laptop produksi mereka.

Microsoft Surface Laptop mashable.com

Salah satu yang menunjukkan bahwa Surface Laptop adalah laptop minimalis adalah jumlah port yang sangat minim. Hanya ada sebuah port USB 3.0, MiniDisplayPort, serta headphone jack. Meski demikian, tidak ada port USB-C untuk koneksi masa depan, serta slot SD Card yang sangat dibutuhkan fotografer dan videografer.

Soal keyboard, Corporate VP of Devices dari Microsoft, Panos Panay menyebut bahwa sangat menyenangkan untuk mengetik di keyboard Surface Laptop. Keyboard backlit ini memiliki bahan yang mirip kain Alcantara yang diklaim diimpor dari Italia. Bahan ini diklaim tetap hangat dan menyamankan kegiatan mengetik kita.

Microsoft Surface Laptop mashable.com

Spesifikasi

Dari segi dapur pacu, Surface Laptop berjalan di atas Windows 10 S yang bisa diperbarui menjadi Windows 10 Pro secara gratis.

Laptop ini dimotori oleh generasi ke tujuh prosesor Intel Core i5 atau Intel Core i7. Kedua varian ini dipadu dengan RAM 4GB yang bisa dikonfigurasi untuk diupgrade hingga 16 GB. Storage pun dimulai dari angka 128 GB yang bisa dikonfigurasi hingga 512 GB.

Microsoft melalui Panay, bahkan mengklaim kalau Surface Laptop 50 persen lebih cepat ketimbang MacBook Air.

Baterai

Salah satu keunggulan utama dari Surface Laptop adalah daya tahan baterai. Menurut Microsoft, Surface Laptop bisa hidup hingga 14,5 jam. Angka ini diklaim mengalahkan MacBook Air yang hanya mampu bertahan 10 jam, serta MacBook Pro yang mampu bertahan 13 jam.

Harga

Harga dari Surface Laptop ini 999 Dollar, atau setara dengan 14 Juta Rupiah. Tertarik? [idc]

Source link


Sumber: http://ift.tt/2pyHhzv