Jenis dan Kegunaan Kertas Duplex

Nilai jual suatu produk bisa di tentukan dari cara produsen mengemas produksinya, untuk itu dibutuhkan sarana kemasan salah satunya yang terbuat dari kertas duplex, berikut jenis dan kegunaannya

Berikut Jenis Kertas Duplex dan Fungsinya

Duplex Board White Back
Kertas duplex jenis ini biasanya dijual dalam bentuk lembaran kecil atau sudah dicetak dan dipotong. Kertas ini jarang sekali digunakan untuk kemasan. Meski gramasinya sama-sama 230-450 GSM, penggunaannya difokuskan untuk peralatan sekali pakai. Kertas ini banyak digunakan untuk membuat piring kertas atau kemasan untuk makanan cepat saji. Selanjutnya kotak makanan juga bisa menggunakan kertas jenis ini karena aman dan sebagian besar sudah food grade.

Duplex Board Uncoated Board
Kertas duplex ini biasanya memiliki gramasi sekitar 600 GSM. Ukuran yang lebih tebal dari kertas lain membuat bahan ini banyak digunakan untuk pembungkus barang elektronik atau barang yang cukup besar. Kardus-kardus besar dengan warna cokelat biasanya menggunakan bahan ini. Tebalnya bahan serta adanya serat di dalamnya membuat kertas ini tidak mudah rusak dan bisa digunakan hingga berkali-kali.

Duplex Board Coated
Kertas duplex jenis ini biasanya memiliki gramasi 230-450 GSM. Dengan ukuran berat ini, kertas biasanya cukup tebal sehingga cocok untuk beberapa kemasan produk yang mudah sekali rusak. Kertas ini banyak digunakan untuk keperluan farmasi yang produknya mudah rusak. Selanjutnya kotak makanan juga sering menggunakan kertas jenis ini karena mudah dibentuk menjadi apa saja. Selain dua kegunaan di atas, kerta sini juga bisa digunakan untuk membuat kemasan korek api, kemasan kaos kaki, celana dalam, aneka garmen, dan produk suku cadang dari mobil dan motor.

Related Posts