Cara Menawar yang Bisa Bikin Hemat

Tidak semua orang memiliki keahlian dalam hal menawar barang yang akan dibelinya. Padahal dengan rajin menawar, kamu akan lebih hemat. Orang lebih suka berbelanja di supermarket atau mall karena harga yang tertera sudah fix dan kamu tidak perlu repot-repot harus menawar. Sebenarnya skill menawar itu bisa dipelajari.  Asal berani dan sering berlatih, maka menawar barang akan menjadi kebiasaan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara menawar yang bisa membuat kamu lebih hemat, simak ya.

1. Gunakan Bahasa Daerah
 Kamu bisa menawar dengan menggunakan bahasa yang sama dengan yang digunakan pedagang. Misal, jika kamu ke pasar dan mendengar pedagang menggunakan bahasa daerah, misal bahasa Sunda, Jawa atau bahkan Mandarin dan kamu bisa menggunakan salah satunya, pakailah bahasa tersebut untuk menawar barang.
Biasanya, pedagang akan memberikan harga miring atau lebih murah jika kamu berbahasa daerah sama dengannya karena adanya ikatan kesukukan yang kuat.
Karena itu, jika kamu ke pasar, gunakanlah bahasa daerah atau kalau tidak bisa, bawalah temanmu yang bisa berbahasa daerah ya. Lumayan, bukan kalau bisa mendapatkan barang sesuai dengan harga yang kamu inginkan?

2. Pura-Pura Pergi
Jika tawaran kamu ditolak oleh pedagang karena dinilai terlalu murah maka jangan berlama-lama tinggal di sana, tinggalkan saja!
Cara pura-pura pergi ini biasanya akan membuat si pedagang memanggil kamu, dengan memberikan kembali potongan harga mendekati harga yang kamu tawar atau bahkan menerima tawaranmu.

 Tapi tak jarang juga cara ini gagal, mungkin karena harga yang kamu tawar memang terlalu rendah. Karena itu, naikkanlah sedikit tawaran kamu.
Misal, harga yang ditawarkan Rp100.000, kamu menawar Rp40.000, jadi naikan saja menjadi setengahnya Rp50.000, sehingga kemungkinan kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan tersebut.

3. Gunakan Perbandingan
Kamu bisa melakukan survei harga dulu sebelum menawar barang yang akan kamu beli. Ini untuk mengetahui berapa harga pasar barang tersebut agar kamu tidak kemahalan atau kemurahan menawar.
Gunakan perbandingan harga tersebut ketika menawar. Misalnya, kamu bisa mengatakan ke si pedagang bahwa harga barang itu di harga toko sebelah sama dengan harga yang kamu tawar. Biasanya sih cara ini cukup ampuh membuat pedagang menerima harga tawaran kamu tersebut.

4. Basa-Basi
Kamu bisa menjalin keakraban dan mengambil hatinya pedagang, dengan cara berbasa-basi karena biasanya pedagang akan lebih bermurah hati dengan calon pembelinya yang menyenangkan dan mudah akrab.
Misalnya, kamu bisa tanya asal daerah dan memiliki pengetahuan atau pengalaman ke daerah tersebut, tidak ada salahnya menceritakan padanya. Dengan begini, kamu dan pedagang sedikit menjadi lebih akrab dan si pedagang bisa jadi akan mendiskon harganya.

5. Yakinkan Pedagang
Kamu bisa meyakinkan pedagang, bahkan mungkin dengan sedikit bualan bahwa harga yang kamu tawar tersebut sama dengan lapak atau toko lainnya, meski sebenarnya kamu belum ke sana atau melakukan survei sama sekali.
Kamu bisa mengatakan, "Harga di lapak sana juga segitu, bang." Dengan begitu, mungkin saja si pedagang akan menerima tawaranmu.

Tapi kalau cara yang sudah kamu lakukan tak kunjung berhasil, maka cobalah kesempatan lain, dengan cara meyakinkan bahwa kamu bakal menjadi pelanggan setianya kelak.

Related Posts