Inilah Penyebab Utama Terjadinya Gatal Pada Kulit

Apa saja penyebab gatal pada kulit? Gatal adalah sensasi tidak menyenangkan pada kulit yang membuat kita ingin menggaruknya. Namun jika itu kita lakukan, justru kulit bisa menjadi iritasi. Memang menggaruk bisa membuat gatal hilang sesaat, namun selanjutnya bisa saja terjadi peradangan. Pada beberapa kasus, gatal akan hilang dengan sendirinya. Namun bisa saja masalah tersebut bersifat menetap karena kondisi medis tertentu. Jika anda ingin tahu penyebab gatal pada kulit, berikut adalah beberapa diantaranya :
Penyebab Gatal Pada Kulit

Ketahui Penyebab Gatal Pada Kulit Tubuh

Masalah dermatologis
Ini termasuk penyebab paling umum. Kulit yang kering mudah terserang gatal. Untuk terhindar dari masalah ini, tindakan preventif yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kulit agar selalu lembab. Masalah dermatologis lain yang bisa menyebabkan gatal pada kulit adalah inflamasi. Ruam yang muncul pada kulit bisa berasal dari eksema. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit telapak tangan dan kaki. Rasa gatal yang ditimbulkan juga biasanya agak berat dan disertai dengan rasa perih. Gatal bisa muncul karena kita bersentuhan dengan tanaman, bahan kimia, atau benda lain yang punya kandungan untuk mengiritasi kulit. Jadi selalu waspada kemanapun anda pergi agar jangan sampai bersentuhan dengan hal-hal yang bisa mengiritasi kulit.
Sinar matahari dan alergi
Sinar matahari sama sekali tidak berbahaya, namun paparan yang berlebihan pada kulit bisa membuatnya terbakar. Jika sudah begini, sebaiknya terapi segera dilakukan agar kondisi kulit bisa kembali seperti semula. Anda bisa mengoleskan krim untuk mengobati kulit terbakar atau mencoba cara alami seperti lidah buaya. Alergi juga merupakan salah satu penyebab gatal pada kulit. Tentu saja untuk mengatasi masalah ini, anda harus datang ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat karena alergi tidak mudah sembuh begitu saja.
Infeksi
Ada beragam infeksi yang bisa menyebabkan rasa gatal, misalnya saja infeksi gigitan nyamuk. Sudah bukan rahasia lagi saat digigit nyamuk, pasti seketika kulit menjadi bentol dan timbul rasa gatal. Rasa gatal tersebut diikuti dengan perilisan histamin ke area yang mengalami gigitan. Bukan hanya nyamuk saja, beberapa serangga lain juga punya zat yang bisa membuat kulit gatal-gatal. Namun biasanya, rasa gatal yang terjadi karena gigitan serangga tidak berlangsung lama sehingga tidak membutuhkan terapi medis khusus untuk menghilangkannya. Infeksi jamur juga menimbulkan sensasi yang sama. Pengobatannya adalah dengan memakai salep anti jamur.
Seperti itulah pembahasan penyebab gatal pada kulit. Semoga dengan informasi diatas anda dapat terhindar dari gatal yang sering dialami.

Sumber: http://ift.tt/2aTX3OK

Related Posts