Mata Ikan Pada Kaki Begini Cara Mengatasinya

Mata ikan secara umum dikenal dengan kutil. Adalah suatu kondisi kulit mati dimana ia tumbuh di beberapa bagian kulit utamnya di bagian kaki. Dalam isitilah medis ia dikenal dengan plantar warts, dimana adanya kulit dengan tekstur kasar yang tumbuh di bagian kulit. Jika mata ikan ini tumbuh maka kulit dibagian bawahnya akan terganggu dan itulah yang disebut kulit plantar.
Banyak penyebab dari mata ikan namun secara umum ia disebabkan oleh virus human papilloma atau HPV yang bisa masuk ke dalam tubuh lewat luka-luka kecil atau juga saat terjadi bencolan pecah. Mata ikan sendiri terkadang tidaklah sakit namun yang sangat mengganggu dari mata ikan ini adalah penampilannya yang biasa membuat orang tidak nyaman.

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi mata ikan, maka sangatlah penting untuk mengetahui gejala dan tanda sehingga anda dapat mengantisipasi dan juga bisa anda hindari agar mata ikan ini tidak lagi tumbuh di kulit anda.

Cara Mengatas Mata Ikan Pada Kaki

Berikut ini beberapa gejala mata ikan pada kaki:

1. Terdapat luka kecil yang nampak berdaging yang kasar dan bertumbuh di telapak kaki.

2. Adanya kulit callus yang menebal dan mengeras dan mengalami pertumbuhan yang menjorok ke dalam.

3. Ada bagian yang tampak menghitam dimana bagian itu adalah benih kutil dan mmebuat oembuluh daah tersumbat.

4. Ada luka yang mengganggu garis kaki

5.Rasa sakit dan bagian yang terasa lunak saat berjalan maupun berdiri.

HPV yang merupakan penyebab dari mata ikan sangat bergantung pola penyerangannya dengan kekebalan sistem imun setiap orang. Sebab respon terhadap HPV tidak semuanya akan memberikan dampak mengalami kutil mata ikan. HPV juga merupakan virus yang tidak mudah menular walau dengan kontak fisik. Yang harus anda perhatikan adalah virus ini dapat berkembang biak dengan subur di lingkungan yang hangat dan lembap. Maka hindarilah untuk bertelanjang kaki sebab penularan virus dapat terjadi pada mereka yang sering berjalan telanjang kaki di sekitar kolam renang atau ruang ganti. Jika virus menyebar diawali pada tempat pertama terjadinya infeksi, kutil yang timbul dapat bertambah banyak.

Penularan virus akan cepat terjadi saat anda memilki luka terbuka pada kulit telapak kaki, seperti kulit yang pecah-pecah karena kulit kering, luka terbuka, kulit yang basah, lembap, lembut dan rapuh karena terlalu lama berada di dalam air.

Walaupun pada umumnya mata ikan dapat sembuh dengan sendirinya, namun yang mesti anda ketahui adalah membantu penyembuhannya akan mengurangi resiko penyebaran dan juga bertambah banyaknya mata ikan atau kutil anda.

Oleh karena itu di bawah ini merupakan beberapa cara menyembuhkan mata ikan pada kaki anda.

1. Obat asam salisyl adalah obat yang baik merangsang system imun agar bisa menyerang virus yang masuk pada tubuh kita. Saat menggunakannya maka ia akan dengan cepat menghilangkan mata ikan pada kaki anda dan membuatnya tidak kembali lagi karena system imun yang anda rangsang mampu menahannya untuk tidak menyebar dengan cepat.

2. Cryotherapy merupakan terapi pembekuan oleh dokter. Ia akan semakin efektif jika dibarengi dengan pengoatan salicylic acid tadi. Cryotherapy merupakan terapi yang menggunakan nitrogen cair. Nitrogen tersebut dioleskan pada kutil mata ikan bisa dengan menggunakan semprotan atau dengan cotton bud. Kulit tersebu akan mati rasa karena sentuhan nitrogen cair dapat menimbulkan rasa sakit. Terapi ini dapat menyebabkan timbulnya luka melepuh di sekitar kutil, dan sel kulit matinya akan terkelupas dalam waktu sekitar seminggu.

3. Banyak pula orang yang melakukan operasi ringan dimana ia memotong dan menghancurkan kuitl tersebut. Walaupun proses ini mungkin sakit beberapa orang lebih memilihnya karena ampuh dan membuat kutil tidak kembali lagi. Anda juga bisa mengguankan bius local saat melakukan operasi untuk mata ikan ini.

4. Anda bisa melakukan terapi imun, yaitu merupakan suntik antigen langsung mengenai mata ikan anda. Selain itu anda juga bisa menggunakan krim untuk menghilangkan virus dari kutil.

5. Menggunakan laser juga merupakan salah satu alternative. Pulsed-dye laser mampu membakar pembuluh darah yang tertutup dan membuat jaringan yang terinfeksi lama-kelamaan akan mati dan kutil akan terlepas dengan sendirinya.

6. Melakukan vaksin HPV yang efektif.

7. Untuk mengikis jaringan kulit mati dari mata ikan atau untuk kutil anda, mengguankan plester dan merenamkan kaki anda juga salah satu tips yang bisa berhasil. Hal itu karena bisa melembabkan jaringan kulit dan membuatnya terlepas.

Hal diatas adalah berbagai cara menghilangkan mata ikan. Di bawah ini aalah cara agar anda bisa menghindarinya.

1. jangan melakukan kontak langsung dengan kutil mata ikan, termasuk kutil yang sudah tumbuh di kulit sendiri.

2. Selalu jaga kebersihan kaki dengan menjaga kaki tetap kering dengan sering mengganti sepatu dan kaos kaki.

3. Selalu menggunakan sepatu atau sandal saat ada di area yang kemungkinan menjadi sumber berkumpulnya virus penyebab kutil seperti di kamar mandi umum atau kolam renang.

4.Jangan mengorek kutil karena dapat membuat virus semakin tersebar.

5.Jangan menggunakan batu kali yang sama atau alat penggunting kuku yang sama ke area kulit atau kuku yang tidak terinfeksi.

6.Seringlah mencuci tangan sebersih mungkin setelah menyentuh kutil mata ikan.

Semoga infonya bermanfaat dan juga membantu anda. Terimakasih.

sumber : http://inti-kesehatan.blogspot.com/


Sumber: http://infoterbaru.link/tips-kulit/mata-ikan-pada-kaki-begini-cara-mengatasinya.html

Related Posts

Posting Komentar